Struktur Narrative Text

Struktur  Narrative Text , Sebuah teks biasanya memiliki struktur umum atau generic structure, pun demikian dengan narrative text in English. Secara umum, generic structure dari narrative text in English adalah orientation, complication, solution, dan re-orientation.

1. Orientation

Orientation merupakan bagian awal dari narrative text in English. Pada bagian ini, tokoh-tokoh dalam cerita diperkenalkan. Selain itu, waktu dan tempat terjadinya cerita juga dijelaskan.

2. Complication

Complication merupakan bagian dari narrative text in English yang mengungkapkan masalah atau konflik yang terjadi pada tokoh utama dalam teks. 

3. Resolution

Resolution merupakan bagian dari narrative text in English yang berisi tentang penyelesaian masalah yang terjadi pada tokoh utama dalam teks. Bagian ini dapat berupa akhir yang baik, atau sebaliknya.

Language Features of Narrative Text in English

Setiap jenis teks dalam bahasa inggris dapat dikenali dalam penggunaan bahasanya. Demikian pula dengan narrative text in English. Berikut ini language features dari narrive text in English.

1. Menggunakan Noun Phrases

Noun phrases (frasa kata benda) biasa digunakan dalam narrative text in English. Misalnya, a beautiful princess, a cruel witch, dan a huge temple.

2. Menggunakan Adverbial of Time and Place

Adverbial of time or place (kata keterangan waktu atau tempat) digunakan dalam narrative text in English untuk memberikan penjelasan tentang waktu dan tempat terjadinya cerita. Misalnya, last year, two days ago, in the castle, atau in a jungle.

3. Menggunakan Simple Past Tense

Simple past tense
merupakan pola kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa
yang terjadi pada masa lampau. Cerita biasanya berupa suatu peristiwa
yang terjadi di masa lampau. Jadi, pola kalimat ini digunakan dalam narrative text in English. Contohnya, A mouse was having a very bad time.

4. Menggunakan Action Verbs

Actions verbs
(kata kerja yang berupa kegiatan) biasa digunakan dalam narrative text
in English untuk menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh para tokoh dalam cerita. Misalnya, walked, slept, dan ran.

5. Menggunakan Adjective Phrases

Adjective phrases (frasa kata sifat) merupakan frasa yang digunakan untuk menjelaskan kata benda
dalam kalimat. Dalam narrative text in English, frasa ini digunakan
untuk menjelaskan tokoh atau benda yang terdapat dalam cerita. Misalnya,
long black hair, bad time, dan small hole. sekian untuk  Struktur  Narrative Text  baca juga ni artikel contoh narrative text inggris indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Narrative Text"

Posting Komentar